Selasa, 12 November 2019

Koreksi Hasil Ujian Menggunakan Android

Sosialisasi Analisis Zipgrade Guru MTs. Al-Yasini 


Bapak/Ibu guru zaman now…sekarang dengan perkembangan TIK, kita semua dipermudah dalam berbagai hal. Tidak terkecuali dalam bidang tugas Bapak/Ibu sebagai Guru.
Sebagai Agent of Changes tentunya sudah menjadi keharusan bila kita harus mengikuti perkembangan TIK, yang dapat kita manfaatkan dalam mempermudah pelaksanaan tugas kita sebagai guru. Sekarang berbagai aplikasi maupun software pembelajaran sudah banyak sekali beredar dan dengan mudah serta cuma-cuma dapat kita manfaatkan. Salah satunya adalah aplikasi pemeriksaan jawaban siswa untuk Tes Pilihan Ganda. Dahulu kala bila kita memeriksa Lembar Jawaban Siswa untuk jenis Pilihan Ganda, kita pernah menggunakan LJ yang dilubangi pada kunci jawabannya dengan menggunakan rokok atau obat nyamuk, tapi itu dulu bro…..
Kini ada aplikasi ZipGrade untuk memriksa LJ siswa tersebut khususnya untuk jenis Pilihan Ganda. Kalau untuk uraian ya….mau tidak mau kita harus baca satu persatu….he..he…
Siswa MTs. Al-Yasini Wonorejo yang mengikuti Ujian (Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semster, Ujian Akhir Semester dll) mengaku sangat senang menjawab soal menggunakan lembar jawaban dari zip grade ini. Seperti halnya lembar jawaban komputer, siswa hanya tinggal membulatkan saja Pilihan jawaban menggunakan pensil atau pulpen. Namun demikian sangat disarankan menggunakan pensil dalam memperhatikan pilihan jawaban tersebut. Hal ini penting mengingat pensil sangat mudah untuk menghapus jawaban ketika siswa ingin berpindah pilihan jawaban. Penulis berharap agar metode ini dapat diadopsi oleh sekolah lain. Hal ini sangat penting agar kita tidak ketinggalan teknologi pendidikan yang memudahkan pekerjaan guru.
Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya item analisis butir soal. Selain itu nilai siswa juga langsung tertera ketika guru melakukan scan lembar jawaban. Scan lembar jawaban juga sangat mudah karena guru hanya tinggal mengarahkan saja Androidnya ke lembar jawaban. Tidak butuh waktu lama karena sekali scan lembar jawaban hanya butuh waktu kurang dari 5 detik. Hasilnya juga dapat diekspor dalam bentuk format PDF dan CSV, saat itu juga hasil analisis (analisis butir soal, analisis individu, daftar nilai, dll) dapat dilihat. Bukankah hal ini sangat mudah dan praktis?
Sosialisasi Anilisis Zipgrade guru guru MTs. Al-Yasini Wonorejo

0 komentar:

Posting Komentar